Google
 

Kamis, 03 April 2008

XL Raih Tiga Kategori Terbaik di Indonesia Golden Ring Award 2008 Print

Jakarta, 27 Maret 2008 – PT. Excelcomindo Pratama Tbk. (XL) kembali mendapat pengakuan dari dunia luar melalui sebuah penghargaan “Indonesia Golden Ring Award 2008” untuk 3 kategori sekaligus Best Operator, Best Operator Product untuk XL bebas dan Best Customer Service. Penghargaan ini diberikan oleh Forum Wartawan Telekomunikasi Indonesia dan penyerahannya dilakukan kemarin malam (26/3) di Ballroom Hotel Nikko Jakarta.

“Merupakan suatu kehormatan bagi XL atas diraihnya 3 predikat bergengsi industri telekomunikasi ini. Penghargaan ini mengukuhkan eksistensi XL sebagai salah satu operator penyedia jasa telekomunikasi selular terkemuka di Indonesia sekaligus menunjukkan pengakuan dunia luar terhadap XL sebagai operator selular. Adanya penghargaan ini akan memicu kami untuk terus menghadirkan beragam produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan,” kata Hasnul Suhaimi, Presiden Direktur XL.

Golden Ring Award (GRA) adalah ajang apresiasi yang digagas oleh para wartawan yang aktif dalam Forum Wartawan Telekomunikasi Indonesia. Forum ini semacam wadah informasi dan komunikasi sesama wartawan yang kerap meliput di industri telekomunikasi. GRA diberikan kepada pelaku industri telekomunikasi berdasarkan penilaian para wartawan yang sehari-hari bertugas meliput pada industri ponsel, selular dan berbagai variannya. Penilaian dilakukan oleh 63 orang wartawan dari berbagai media yang memberikan penilaian terhadap kategori yang dilombakan dan panel juri yang terdiri atas 5 orang.

XL sebagai operator selular memiliki komitemen untuk menghadirkan layanan berkualitas dengan tarif murah sehingga mampu menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Untuk memenuhi komitemen tersebut XL didukung oleh lebih dari 11.000 BTS dan infrastruktur backbone fiber optic yang membentang sepanjang Jawa, Bali, dan Lombok, juga kabel bawah laut di Sumatra, Sulawesi, dan Kalimantan. 60% dari jaringan backbone tersebut berbasis IP (internet Protocol) dan pada tahun 2007 dikembangkan ke sekitar 50 kota. Dian Siswarini Direktur Jaringan XL menyatakan, ”Jangkauan luas XL telah menjangkau 90% populasi penduduk Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Kualitas yang dihadirkan XL tidak semata pada cakupan dan jaringan untuk menghasilkan sinyal yang kuat dan kualitas suara yang jernih. Tapi juga kualitas dalam memberikan nilai lebih kepada pelanggan saat mereka berkomunikasi menggunakan XL.” Nilai lebih tersebut meliputi layanan pelanggan yang responsive dan mudah terhubung, layanan value added service baik dengan platform teknologi 2G, 3G maupun 3,5 G atau HSDPA.

Layanan pelanggan XL meliputi layanan pelanggan melalui telepon (XL Contact Center) yang dapat diakses melalui nomor 817 (baik melalui layanan contact center voice maupun layanan video call ), layanan mesin penjawab 818 dan layanan pelanggan melalui email di customerservice@xl.co.id serta layanan tatap muka langsung di lebih dari 200 XL Center yang tersebar di seluruh cakupan layanan XL. Dengan waktu operasional 24 jam, layanan XL Contact Center telah dilengkapi dengan fasilitas load balancing dan disaster recovery system. Ferry Fibriandani GM Contact Management menyatakan,”Performa petugas XL Contact Center dihitung berdasarkan key performance indicator (KPI) meliputi kecepatan dalam pemberian layanan maupun tingkat keakuratan jawaban yang diberikan kepada pelanggan sebagai KPI utama. Kata kunci utama dalam memberikan pelayanan adalah solusi tuntas untuk setiap telepon dari pelanggan yang masuk.”

XL bebas merupakan produk kartu prabayar XL yang dikenal dengan inovasi tarif termurahnya. XL dengan kartu prabayarnya XL bebas telah melakukan gebrakan di industri selular pada tahun 2007 lalu. Gebrakan ini ditandai dengan diluncurkannya tarif 25/detik. Promo terus dikembangkan guna memperkuat posisi XL sebagai operator pelopor tarif termurah di kelas GSM. XL lalu meluncurkan tarif promo yang fenomenal Rp 1/detik. Tarif ini kemudian mendapat respons pasar baik dari pengguna maupun pelaku industri. Tak lama kemudian XL menghadirkan tarif 0,1/detik. Tak sampai disini, XL mengubah starteginya dengan menghadirkan format baru yang tidak lagi berpaku pada hitung-hitungan per detik. Konsep Nelpon Sampe Puas adalah format baru yang mencerminkan komitmen XL untuk tetap konsisten menghadirkan tarif nelpon termurah. Melalui promo tarif ini, XL ingin menegaskan bahwa sudah tidak jamannya menelpon dengan hitung-hitungan waktu.

Rangkaian tarif promo XL yang digelar XL menunjukkan keseriusan XL untuk memberikan tarif murah kepada pelanggannya. Nicanor V Santiago Direktur Marketing XL menyatakan,”Sejak awal tahun 2007 XL sudah menurunkan tarif bicara yang ditandai dengan dikelurakannya tarif promo Rp 25/detik yang semula tarif tersebut 1500 per menit dengan pembulatan durasi percakan per 30 detik. Selanjutnya dilakukan lagi empat kali promo tari baru hingga mencapai angka Rp 0,0000......1 sampe puas.”

Lebih lanjut Hasnul menyatakan, penghargaan yang diraih XL tidak patut untuk menjadikan XL berbangga hati yang berkelanjutan. Hal ini akan berdampak pada kesombongan dan lupa diri. Justru penghargaan akan menjadi cambuk bagi XL untuk menjadi lebih baik dan semakin baik di kemudian hari.

Tentang XL
XL adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia dan satu-satunya yang memiliki jaringan serat optik yang luas. XL beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, dan bisnis XL saat ini adalah Consumer Solutions sebagai penyedia layanan dan jaringan seluler berkualitas dan Business Solutions sebagai penyedia layanan solusi korporat. Pada 21 September 2006, XL telah meluncurkan XL3G, layanan telekomunikasi selular berbasis 3G pertama yang tercepat dan terluas di Indonesia.

0 komentar:

look

iklan