Google
 

Minggu, 14 Desember 2008

Video patah-patah Di ubuntu

Al hamdulillahirobbil 'alamin.


Setelah sekian lama mencari-cari solusi untuk persoalan Video Player yang patah-patah bahkan tidak muncul gambar,mousenya tidak bisa digerakan pada UBUNTU MUSLIM EDITION.Meskipun banyak cara untuk menjadikan hal ini berhasil. Tapi saya cukup merasa senang dengan berhasilnya cara ini. Saya masih belajar dibidang UBUNTU. Jadi harap maklum kalau cara ini bisa dibilang ide aneh. Yang penting bagi saya video playernya bisa jalan dengan normal OK..?

Follow the instruction below by thorough.: ikuti instruksi kebawah dengan seksama .


Spesifikasi kompiku:


MOTHERBOARD : BIOSTAR P4M890-M7 TE/FE

PROCESSOR : INTEL DUAL CPU 1.8GHz

MEMORY/RAM : DDR2 512Mb

VGA : ONBOARD

SOUND : ONBOARD

CHIPSET : VIA .VT 8237A

OPERATING SYS : UBUNTU ME Dan belum diisi DVD Repository


Persoalan: Buat menjalankan video lewat Movie player (Gstreamers) Patah-patah/nggrandet-nggrandet(Bhs jawi),suara juga ngadat-ngadat,Mouse juga ikut ngadat-ngadat.

Bikin pekerjaan lain jadi agak terbengkalai deh.


Resep yang aku lakukan : Download Driver Chipset VIA di:http://linux.via.com.tw

Buka dibagian OS pilih UBUNTU 8.04LTS Dibagian Platform :pilih yang ada versi CN700+/8237S/dan lain-lain. Prakteknya sih ga ada tulisan “dan lain-lain” Tapi karena banyak aku jadi sedikit lupa.Pokoknya yang compatible untuk banyak hardware(yang bawah) soalnya ada 2 pilihan yang sama tapi yang satunya compatible nya cuma 2 jenis hardware jadi pilih yang ada dibawah.


Kemudian klik link yang ada dikolom “driver” yang nantinya akan kita installkan.lalu pada kolom Source code klik/download semua.

Pindahkan ke hardisk

setelah itu saya melakukan install drivernya dulu dengan cara :menguntar file tar.gz tadi yang kita dunlut(via-unichrome.83.40692.tar.gz) dengan cara lewat terminal/ langsung klik kanan pada file tersebut pilih eksrak here. Lalu buka dan masuki hasil ekstrak file tadi. Lakukan klik kanan pilih open in terminal tanpa menempelkan kursor disalah satu data yang ada/boleh dibawah file “readme” jangan sampai nempel. Lalu klik Open in terminal. Lalu diterminal ketik “ sudo ./vinstall “ Tanpa tanda petik.


Sampai disini saya tutup semua jendela & aplikasi yang masih terbuka lalu tekan di keyboard (Ctrl+Alt+Backspace)

setelah itu coba jalankan video : dikomputer saya langsung bisa dan lancar untuk memutar file video.

Semoga dikomputer yang lain juga lancar Amiin.

Segini dulu dari belajar yang saya coba.

Wallahu a'lamu bisowab.


Wassalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

0 komentar:

look

iklan